Powered by Blogger.

Tips Merawat Baterei Laptop/Netbook

Cara Merawat Baterai LaptopKali ini saya ingin berbagi tips tentang cara merawat baterai laptop Anda. Baterai adalah salah satu komponen penting yang merupakan kunci kehidupan & keberlangsungan fungsi dari laptop. Ya, kalimat tersebut adalah hasil dramatisasi saja, jangan dianggap terlalu serius, tanpa baterai laptop kan masih tetap bisa berfungsi, selama masih ada listrik. Tapi apa yang saya tulis di bawah ini nampaknya boleh dianggap serius.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga supaya baterai laptop Anda tetap awet.

  • Sebaiknya jangan bekerja dengan laptop sambil mengisi baterai (recharge);
  • Jika Anda bermaksud melakukan pengisian baterai laptop, sebaiknya laptop dalam keadaan mati (Off);
  • Jika level baterai sudah mendekati 10%, sebaiknya hentikan pekerjaan Anda, matikan laptop, baru kemudian lakukan recharge;
  • Jika Anda akan bekerja cukup lama, Anda bisa melepas baterai dan langsung menggunakan sumber listrik yang ada. Namun pastikan tegangan listrik di rumah Anda cukup stabil, karena naiknya tegangan listrik yang cukup signifikan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop, terutama mainboard.

Tips-tips di atas adalah salah satu metode alternatif, bukan satu-satunya cara. Mungkin masih banyak metode-metode lain untuk menjaga keawetan baterai laptop Anda, karena beberapa baterai laptop dari merk tertentu kadang cukup handal dan awet walaupun tidak menggunakan metode alternatif di atas. Semoga bermanfaat.

Bannerad

Artikel Terpopuler

Tags

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani