Powered by Blogger.

Linux Command Shell, Pencarian dengan Find, Praktis!

Pada hari ini, ketika mencari file yang akan saya pergunakan di PClinuxOS, terpikir untuk menggunakan command shell. Karena fasilitas yang disediakan PCLinuxOS juga tidak praktis (mps). Yach.. itung-itung siapa tahu malah lebih praktis, dan ternyata cepet juga, dan sangat membantu.

Pada dasarnya saya menggunakan perintah "find". Pada contoh ini saya akan mencari file saya yaitu — program.c pada current directory dan sub-directory :
# find -name "program.c"
./backup/program.c
./program.c

dan untuk dasar penggunaan untuk "find" command dengan tidak mengindahkan Case (huruf besar dan huruf kecil :
# find -iname "program.c"
./program.c
./backup/program.c
./backup/program.c
./program.c

dan pada contoh ini saya ingin mencari file password dimulai dari / (root)
# find / -name passwd
./usr/share/doc/nss_ldap-253/pam.d/passwd
./usr/bin/passwd
./etc/pam.d/passwd
./etc/passwd

dapat juga dimodifikasi dengan -maxdepth n dan -mindepth n

Bannerad

Artikel Terpopuler

Tags

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani