Powered by Blogger.

Kopi Justru Lindungi Jantung

 

Kopi Justru Lindungi Jantung   

just for sharing.... ini dari cuplikan mediaindonesia.com ---> jadi binun...

ADA keyakinan bahwa kopi bisa menyebabkan jantung berdebar. Akan tetapi, sebuah studi terbaru menemukan bahwa minum empat  cangkir kopi sehari justru melindungi jantung dari gangguan. 

Dalam studi ini, peneliti melibatkan lebih dari 130.000 laki-laki dan perempuan. Mereka yang minum empat cangkir kopi atau lebih sehari mengalami penurunan risiko dirawat ke rumah sakit akibat gangguan jantung sebesar 18 persen. Mereka yang minum antara satu dan tiga cangkir mengalami pengurangan risiko sebanyak tujuh persen. 

Studi ini, menurut peneliti Dr Arthur Klatsky dari perusahaan insuransi kesehatan Kaiser Permanente, tidak membuktikan bahwa kopi melindungi jantung, tapi menemukan adanya hubungan positif. 

"Minum kopi berkaitan dengan penurunan risiko dirawat akibat gangguan irama jantung. Tapi hubungannya bukan sebab-akibat," tutur Klatsky, seperti dikutip situs dailymail.com. 

Klatsky meyakini bahwa kafein dosis sedang bisa membantu jantung dengan menghambat aksi zat kimia adenosine, yang bisa menyebabkan gangguan irama. 

Meskipun studi ini tidak menganjurkan orang minum kopi untuk mencegah gangguan irama jantung, terang Klatsky, tapi studi ini menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan irama jantung atau yang berisiko tidak perlu menghindari kopi. 

"Data ini kembali meyakinkan orang-orang yang minum kopi jumlah sedang bahwa kebiasaan mereka tersebut kemungkinan besar tidak akan memicu gangguan irama jantung." (MI/ICH)

 

Bannerad

Artikel Terpopuler

Tags

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani